Home Sekitar Kita Makna kemerdekaan RI yang ke 76 di masa PPKM bagi wong cilik

Makna kemerdekaan RI yang ke 76 di masa PPKM bagi wong cilik

Memaknai arti kemerdekaan RI

66
0
SHARE
Makna kemerdekaan RI yang ke 76 di masa PPKM  bagi  wong cilik

Keterangan Gambar : Pedagang sayur keliling

Nusa .com - Menjelang Peringatan hari kemerdekaan RI 17 Agustus 2021 Bagi masyarakat kecil makna Hari kemerdekaan ke-76 Republik Indonesia mempunyai arti tersendiri dan harapan bagi kehidupannya menjadi lebih baik. 

"Harga-harga perekonomian lebih dimurahin, jangan sampai masyarakat  kecil merasa kesusahan," kata seorang pedagang sayur, Sakeh ketika diminta tanggapannya mengenai Hari Kemerdekaan Bagi RI, di magetan jawa timur, 

Ia berharap ditahun-tahun kemerdekaan berikutnya ada perubahan yang lebih baik lagi seperti tidak adanya rakyat yang merasa kesusahan dan menjalankan aktivitas ekonominya..apalagi di massa pandemi seperti sekarang ini .pemerintah harus lebih peduli pada wong cilik .

"Kemerdekaan itu adalah keadaan di Indonesia menjadi lebih makmur dan pemerintah lebih peduli dengan rakyat kecil dengan mempermudah mendapatkan layanan kesehatan, pendidikan, dan pangan yang terjangkau," katanya,

Sedangkan Tukang Ojek, Rahmat yang mengatakan bagi saya hidup ini belum merdeka karena makna kemerdekaan bagi saya terbebas dari segala intimidasi dan medapatkan kebebasan tapi kita belum merasakan itu.

Dikatakannya, bahwa korupsi yang masih banyak terjadi di Indonesia membuktikan negara ini belum merdeka dan bebas serta keadaan rakyat kecil saat ini tidak merasa seperti layaknya negara merdeka ,karena di Sebagian wilayah saya sendiri masih banyak hidup di garis yang kurang mampu,bagaimana mua merasakan arti sebuah kemerdekaan . 

Ia mengatakan bahwa negara Indonesia memang sudah bebas dari penjajahan namun orang didalamnya saat ini masih banyak yang menderita kerana tidak tanggung jawab  aparatur negara yang kurang Amanah ke masyarakat kecil .

"Orang yang merdeka adalah orang yang difasilitasi, difasilitasi dilihat kondisi warganya seperti apa," ujarnya. 

Dahulu negara Indonesia merdeka pada zaman kedudukan Jepang dan Belanda yang telah dibebaskan dari penjajahan namun saat ini tidak dibebaskan dalam masalah pangan dan pekerjaan. 

"Saya berharap agar rakyat dipermudah mendapatkan pangan dan pekerjaan," dan ketentraman dalam menjlankan usaha sekicil apapun bagi  wong cilik seperti saya  ini “ ujarnya.

Nusa.Com