Home Daerah Jelang Musim Hujan, DPUPR Bidang Cipta Karya Magetan Kebut Pekerjaan Saluran Drainase Jalan S.Parman

Jelang Musim Hujan, DPUPR Bidang Cipta Karya Magetan Kebut Pekerjaan Saluran Drainase Jalan S.Parman

DPUPR Magetan Bidang Cipta Karya

20
0
SHARE
Jelang Musim Hujan, DPUPR Bidang Cipta Karya Magetan Kebut Pekerjaan Saluran Drainase Jalan S.Parman

Magetan - Nusa.web.id,- Pemerintah Kabupaten Magetan terus berbenah dalam rangka peningkatan infrastruktur serta memberikan pelayanan pada masyarakat secara maksimal. Untuk itulah sejumlah pekerjaan proyek sebagai sarana penunjangnya terus dikebut agar tercapai tujuan menjadi wilayah yang maju dan berkembang. 

Dalam hal ini Pemerintah Kabupaten Magetan melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang DPUPR Bidang Cipta Karya menjadikan skala prioritas peningkatan infrastruktur agar tercapai menjadi Magetan Smart. 

Untuk itu Bidang Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang DPUPR Kabupaten Magetan dari tahun ke tahun selalu berbenah dan mengevaluasi terkait permasalahan-permasalahan yang muncul di sejumlah masyarakat. Diantaranya terkait permasalahan banjir yang masih sering terjadi saat memasuki musim penghujan. 

Dalam pemaparannya Kepala DPUPR Kabupaten Magetan Mochtar Wahid melalui Bidang Cipta Karya Rokhmat Zainuddin mengatakan curah hujan yang selalu berubah-ubah dari tahun ke tahun menjadikan Dinas PUPR harus senantiasa sigap dalam mengantisipasi banjir atau genangan air. Apalagi pada wilayah pusat kota Magetan yang mengharuskannya untuk terus melakukan pembenahan sesuai dengan kondisi saat ini. 

"Wilayah kota seputaran pasar sayur ke Utara itu saat intensitas hujan tinggi sering terjadi banjir, jadi tahun ini kita lakukan peningkatan saluran drainase di seputaran Jalan S. Parman wilayah kota," terangnya. 

Lebih lanjutnya, saat ini proyek tersebut sudah dimulai pengerjaannya, sehingga saat puncak musim hujan nanti diprediksi saluran drainase tersebut sudah siap digunakan untuk mengurai volume air hujan. 

"Jadi untuk pelaksanaan proyek itu menelan anggaran sejumlah Rp. 156.000.000 dari APBD Kabupaten Magetan tahun 2022, yang meliputi sisi timur dan sisi barat jalan," tambahnya. 

Masih menurut keterangan Rokhmat proyek tersebut melibatkan Kontraktor Pelaksana dari CV. Tirta Mas dan Konsultan Pengawas dari CV. Berdikari Berkah. Detail pekerjaan pada sisi timur yakni pemasangan saluran gorong-gorong dengan diameter 60 cm, ditambah dengan trotoar paving, dan kanstin dengan panjang 63,7 meter. Kemudian pada sisi barat dengan pemasangan trotoar plat beton, pemasangan kanstin dan paving difabel sepanjang 42,5 meter. 

"Jadi total keseluruhan pekerjaan di jalan S. Parman Kelurahan Sukowinangun itu 108,5 meter," ujarnya. 

Diakhir wawancara Rokhmat menegaskan bahwa pembangunan infrastruktur merupakan salah satu program prioritas bupati Magetan. Sehingga demi mewujudkan cita-cita bupati tersebut harus disertai dengan terbangunnya visi misi yang sama yakni demi Kabupaten Magetan kedepan.

 ”Dengan adanya infrastruktur yang memadai, terntu akan mendorong peningkatan perekonomian yang dapat mewujudkan Magetan yang Smart dan Bermartabat,” tutup Rokhmat. (Dk)