Home Daerah Nguri-nguri Budaya Turun-temurun, Pemdes Bangunasri, Barat Gelar Bersih Desa

Nguri-nguri Budaya Turun-temurun, Pemdes Bangunasri, Barat Gelar Bersih Desa

Pemerintah Desa Bangunasri

33
0
SHARE
Nguri-nguri Budaya Turun-temurun, Pemdes Bangunasri, Barat Gelar Bersih Desa

MAGETAN - NUSA.WEB.ID,- Tradisi budaya dan kearifan lokal suatu daerah masih melekat erat dengan adat istiadat masyarakat Jawa hingga saat ini. Bahkan mayoritas masyarakat masih menjunjung tinggi tradisi ritual yang sudah ada sejak zaman nenek moyang lebih dikenal dengan dinamakan bersih desa.

Bersih desa merupakan tradisi turun temurun dalam kebudayaan masyarakat. Ritual bersih desa di jawa merupakan wujud bersatunya manusia dengan alam. Ritual Bersih Desa dapat didefinisikan sebagai wujud rasa syukur warga sebuah desa atas berkat yang diberikan Tuhan kepada masyarakat desa, baik dari hasil panen, kesehatan, dan kesejahteraan yang telah diperoleh selama setahun dan juga sebagai permohonan akan keselamatan dan kesejahteraan warga desa untuk satu tahun mendatang.

Pada tahun ini Pemerintah Desa Bangunasri kembali menggelar ritual adat bersih desa yang bertempat di 2 Punden Desa Bangunasri, Kecamatan Barat, Kabupaten Magetan, yakni Punden Blimbing dan Punden Bombong. Sabtu, (10/09/2022). 

Acara tersebut melibatkan Forkopimca Barat, Kepala Desa Bangunasri beserta perangkat, tokoh agama, tokoh masyarakat serta puluhan warga setempat lainnya. 

Rangkaian acara Bersih Desa Bangunasri diadakan dengan melakukan Slametan dan doa bersama di punden serta pertunjukan pagelaran musik kesenian Gambyong. 

Saat ditemui diakhir acara acara Kepala Desa Bangunasri Wiyono menuturkan bahwa tradisi bersih desa ini sudah dilaksanakan oleh masyarakat Desa Bangunasri sejak turun temurun. Bahkan merupakan tradisi tahunan yang menjadi agenda wajib desa yang dilaksanakan pada hari-hari tertentu dalam penanggalan Jawa. 

Lebih lanjut Wiyono menjelaskan tradisi bersih desa dilaksanakan sebagai wujud rasa syukur dan permohonan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan Rahmat, kesejahteraan, dan keselamatan yang diberikan pada warga desanya. Selain itu juga sebagai sarana untuk melestarikan untuk budaya asli daerah agar tetap dikenal dari generasi ke generasi sehingga tidak terjadi pergeseran zaman.

"Alhamdulillah acara Bersih Desa Bangunasri hari ini berjalan lancar, jadi kita maknai sebagai ungkapan rasa syukur pada Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan keselamatan, kesehatan pada warga kita dan tentunya memiliki hasil panen yang melimpah," pungkasnya. (Atg)