Home Daerah Peringati Momentum Hari Sumpah Pemuda, DPD KNPI Magetan Lantik 18 Dewan Pimpinan Kecamatan

Peringati Momentum Hari Sumpah Pemuda, DPD KNPI Magetan Lantik 18 Dewan Pimpinan Kecamatan

Pelantikan DPK KNPI se-Kabupaten Magetan

264
0
SHARE
Peringati Momentum Hari Sumpah Pemuda, DPD KNPI Magetan Lantik 18 Dewan Pimpinan Kecamatan

MAGETAN|| NUSATIVI|| Memaknai Peringatan Hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada tanggal 28 Oktober, Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Magetan menggelar Pelantikan Dewan Pimpinan Kecamatan (DPK) yang melibatkan sebanyak 18 orang yang diwakili oleh ketua se-Kabupaten Magetan. Kamis siang, (28/10/2021). 

 

Bertempat di Gedung Pertemuan Magetan Park Jl. Pahlawan No.14, Tambran, Magetan dalam acara tersebut hadir Bupati Magetan Dr. Drs. H. Suprawoto, S.H., M.Si., Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Magetan Chanif Tri Wahyudi, Anggota DPRD Provinsi Jawa Timur Diana AV Sasa, serta sebanyak 70 tamu undangan. 

 

Pelantikan di awali dengan pengucapan sumpah dan janji organisasi yang dipimpin langsung oleh Ketua DPD KNPI Kabupaten Magetan Toha Rizal Aziz.

 

Dalam kesempatan tersebut Bupati Magetan Suprawoto mengucapkan selamat atas dilantiknya kepengurusan DPK KNPI Kabupaten Magetan yang baru. Diharapkan kedepan agar pengurus yang baru bisa bermanfaat bagi masyarakat.

 

"Pemuda mempunyai peranan penting dalam sistem kemasyarakatan kita. Semoga pengurus yang baru dilantik ini dapat memberikan manfaat bagi sekitar," ujarnya.

 

Ia berharap DPK KNPI Kabupaten Magetan dapat membantu Pemerintah Daerah untuk mendorong kemajuan dalam berbagai bidang. Menurutnya pemuda punya peran penting dalam memajukan bangsa dan negara.

 

"Sejak jaman penjajahan para pemuda sudah membuktikan bahwa mereka mampu membawa Indonesia merdeka," imbuhnya.

 

Kemudian Suprawoto berpesan agar pengurus KNPI Kecamatan terpilih dapat mempersiapkan dan membina diri menjadi generasi muda yang handal, memiliki motivasi dan inovasi yang baik.

 

"Biasanya kalau masih muda pemikirannya masih segar, ide-idenya juga masih cemerlang," katanya.

 

Suprawoto juga siap mendukung setiap inovasi dan program dari generasi muda untuk membangun Kabupaten Magetan agar semakin maju dan berkembang.

 

"Tentu setiap apa yang menjadi program pemerintah harus teman-teman awasi terutama program kami. KNPI harus bisa menjadi Penyambung lidah masyarakat Galis," tandasnya. 

 

Ditemui dilokasi yang sama Ketua DPD KNPI MAGETAN Toha Rizal Aziz mengatakan selain menggelar Pelantikan DPK KNPI se-Kabupaten Magetan juga dalam momentum peringatan Hari Sumpah Pemuda kali ini pihaknya menggelar dialog pemuda dengan menghadirkan sejumlah narasumber dari kalangan pemerintahan. 

 

Masih kata Toha pelantikan ini dihadiri oleh 18 pengurus Kecamatan di Kabupaten Magetan. Yang seharusnya dari masing-masing wilayah 6 orang yang harus dilantik, namun kali ini untuk meminimalisir adanya kerumunan saat pelaksanaan acara maka diwakili oleh para ketua. 

 

"Meskipun semuanya tidak bisa hadir untuk dilantik namun makna dan tujuannya masih tetap sama, sehingga tidak mengurangi Visi Misi kami," ujarnya. 

 

Selain itu dirinya berharap pemuda yang berhimpun dalam KNPI dapat menjadi pemuda yang berkarakter, berbudaya, mempunyai sifat sosial yang tinggi, serta pemuda yang mempunyai kemandirian dalam segala aspek. 

 

Masih kata Toha, Pemuda berperan sebagai ujung tombak adanya perubahan, dimana KNPI ibarat pasukan khusus pemuda yang nantinya akan membawa perubahan positif dalam mewujudkan kebangsa dan negaraan sehingga kedepan dapat membantu pemerintah untuk mewujudkan kesejahteraan nasional.

 

"Jangan sampai setelah pelantikan malah tidak ada kegiatan. Intelektual pemuda yang harus bermanfaat dan berfungsi sesuai dengan tupoksinya," tutupnya. (Vha)