Home Daerah Semarak Momentum Malam Tirakatan HUT Kemerdekaan RI Ke-77, Puluhan Tumpeng Hiasi Jalan Desa Sempol

Semarak Momentum Malam Tirakatan HUT Kemerdekaan RI Ke-77, Puluhan Tumpeng Hiasi Jalan Desa Sempol

Wakil ketua DPRD Magetan Suwarno

175
0
SHARE
Semarak Momentum Malam Tirakatan HUT Kemerdekaan RI Ke-77, Puluhan Tumpeng Hiasi Jalan Desa Sempol

MAGETAN - NUSA.WEB.ID,- Berbagai macam cara dan tradisi unik dilakukan oleh masyarakat khususnya suku Jawa untuk memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia. Sudah menjadi agenda wajib tahunan saat menyambut datangnya peringatan hari kemerdekaan dilakukan rangkaian acara malam tirakatan yang biasanya digelar setiap tanggal 16 Agustus pada malam harinya. 

Seperti yang tampak di Desa Sempol, Kecamatan Maospati, Kabupaten Magetan ini. Ada yang menarik dalam peringatan HUT kemerdekaan RI ke-77 di Desa Sempol, pasalnya puluhan tumpeng berbagai ukuran tampak menghiasi sepanjang jalanan di gang-gang desa setempat. Ditambah lagi dengan adanya antusiasme masyarakat yang menjadikan momentum malam tirakatan di RW 3 Desa Sempol semakin ramai dan semarak. 

Digelar pada hari Selasa malam 16 Agustus 2022, malam tirakatan dilalui dengan acara doa dan dzikir bersama memohon keselamatan pada Tuhan Yang Maha Esa serta ungkapan rasa syukur atas segala nikmat dan pencapaian yang telah didapatkan saat ini. Disamping itu juga tak kalah pentingnya adalah mendoakan para tokoh-tokoh pejuang nasional yang telah gugur dalam upayanya untuk merebut kemerdekaan supaya arwahnya dapat diterima disisi Tuhan Yang Maha Esa.

Saat ditemui di lokasi acara Wakil Ketua DPRD Kabupaten Magetan yang sekaligus kebetulan juga sebagai warga Desa Sempol Suwarno, S.H menuturkan karena saat ini pandemi Covid-19 telah berakhir maka aktivitas masyarakat juga perlahan-lahan mulai kembali seperti sedia kala. Karena aktivitas mulai membaik maka akan berimbas pada sektor perekonomian yang juga ikut bangkit. 

Selain itu, pihaknya juga sangat mengapresiasi acara malam tirakatan yang diselenggarakan oleh warga RW 3 desanya, sebab selain untuk menghormati para pejuang kemerdekaan juga sebagai sarana komunikasi antar warga agar silaturahmi dan kerukanan semakin terjalin baik. 

Tak sampai disitu, dipenghujung acara juga diumumkan pemenang lomba Agustusan yang berpesertakan anak-anak. Kemudian dilakukan penyerahan hadiah bagi peserta yang menang dalam perlombaan tersebut. (DK)

Video Terkait: